Media Center News Penggabungan BUMN PT Reasuransi Umum Indonesia ke dalam Indonesia RE

Penggabungan BUMN PT Reasuransi Umum Indonesia ke dalam Indonesia RE

Pemerintah menggabungkan BUMN PT Reasuransi Umum Indonesia ( Persero ) ke dalam PT Reasuransi Indonesia Utama ( Persero ) atau dikenal dengan brand Indonesia Re . Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari transformasi perusahaan reasuransi nasional menuju perusahaan reasuransi yang besar dan kokoh. Penandatanganan akta penggabungan PT Reasuransi Umum Indonesia (RUI) ke dalam Indonesai Re Tersebut dilakukan di Kantor Kementrian BUMN, 18 Desember 2015. Disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno dan kepala Eksekutif pengawas IKNB Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Firdaus Djaelani.

Pasca penggabungan ini , Indonesia Re akan melakukan transfer portfolio bisnis reasuransi konvensional ReINDO atau merger vertical ReINDO yang merupakan anak perusahaan RUI ke dalam IndonesIa Re . Dengan demikian ReINDO menjadi ruh dan engine Indonesia Re ke depan .

Indonesia Re Merupakan hasil transformasi dari Asuransi Ekspor Indonesia ( ASEI ) yang oleh pemerintah dijadikan holding company perusahaan reasuransi nasional dan berganti nama menjadi PT Asei Reasuransi Indonesia ( Asei Re ) pada 2014 . Kemudian , Asei Re bertransformasi dengan perubahan nama menjadi PT Reasuransi Indonesia Utama ( Indonesia Re ) di awal 2015.

Seiring dengan transformasi tersebut , Indonesia Re melakukan spin off lini bisnis langsung asuransi dengan mendirikan anak perusahaan PT Asuransi Asei Indonesia ( Asuransi Asei ) yang merupakan perusahaan asuransi kerugian dan penjaminan kredit pada 2014 . Portofolio bisnis direct  Asuransi Asei.

Pembentukan induk usaha reasuransi nasional  ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mengatasi defisit reasuransi nasional. Dengan adanya perusahaan reasuransi nasional yang besar dan kuat , diharapkan akan mengurangi capital outflow premi reasuransi yang saat ini nilainya mencapai lebih dari 20 triliun pertahun .

Pasca penggabungan ini , Indonesia Re akan mengkonsolidasikan lini lini bisnisnya dan meningkatkan pelayanan reasuransi kepada pelanggannya , sehingga mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya selama ini . Indonesia re  berkomitmen untuk meningkatkan kinerja , pengembangan teknologi informasi sehingga kualitas pelayanan kepada para nasabah menjadi lebih baik .

Dalam roadmap transformasi perusahaan reasuransi nasional. Pemerintah juga akan meningkatkan modal Indonesia re sehingga menjadi perusahaan reasuransi nasional yang unggul dan mampu bersaing di kancah regional dan global.

About Us

Mengawali langkah sebagai sebuah Divisi Syariah PT Reasuransi Internasional Indonesia (ReINDO) atau kini yang telah berganti nama menjadi PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) pada tahun 2004 hingga 2016

READMORE